Manfaat Ikan Trubuk untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Trubuk untuk Kesehatan
=======================================





Ikan Terubuk adalah jenis ikan payau yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel yang sudah langka. Ikan ini dulu banyak ditemukan di Bengkalis dan Sarawak. Namun karena gencarnya perburuan dan rusaknya habitat aslinya, maka jadi langka lah ikan ini. Biasanya orang mengambil telur Terubuk yang diyakini sangat baik untuk menambah stamina.

Sebagai sebuah negara maritim, pantaslah Indonesia berbangga memiliki banyak ikan di lautan, danau, maupun sungainya. Sampai-sampai Terubuk saja ada di sini. Apa sajakah sebenarnya manfaat Ikan Terubuk untuk kesehatan, sehingga ikan ini pada akhirnya hampir punah karena diburu terus? Berikut penjelasannya:





1. Menghasilkan Telur Terubuk yang Bergizi Tinggi

Telur Terubuk adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Telur Terubuk mengandung energi sebesar 425 kilokalori, protein 31 gram, karbohidrat 10 gram, lemak 28 gram, kalsium 50 miligram, fosfor 100 miligram, dan zat besi 2 miligram. Selain itu di dalam Telur Terubuk juga terkandung vitamin A sebanyak 600 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram. Ikan terubuk ini bukan hanya ikannya saja, tetapi telurnya mengandung gizi tinggi.
2. Manfaat Ikan Terubuk untuk Mengobati Otitis

Otitis adalah peradangan telinga bagian luar. Radang telinga dapat dikategorikan berdasarkan lokasi tempat terjadinya peradangan. Apabila infeksi terjadi di liang telinga bagian luar maka diklasifikasikan sebagai otitis eksternal. Kejadian otitis eksterna dapat berlangsung dari peradangan ringan sampai parah yang dikenal dengan otitis nekrotikan eksternal. Hal ini disebabkan peluruhan sel kulit yang normal pada saluran telinga bagian luar pada kondisi kelembaban yang tinggi dan temperatur yang panas. Cobalah manfaat Ikan Terubuk karena dapat mengobati otitis.
3. Mengontrol Berat Badan

Ikan terubuk merupakan makanan yang rendah lemak dan sumber lemak berkualitas tinggi. Makan ikan ketika makan malam akan membantu anda merasa kenyang tanpa menimbun lemak. Caranya dengan tidak digoreng, tapi dikukus, dibakar, di tim ataupun dibuat sup. Untuk itu cobalah khasiat ikan ini.
4. Manfaat Ikan Terubuk untuk Mencegah Kematian Dini karena Penyakit

Angka kematian secara keseluruhan di dunia antara yang makan ikan dua kali dalam satu minggu akan mempunyai resiko lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa yang makan ikan sedikit atau tidak sama sekali. Makan ikan dapat mencegah sejumlah penyakit lainnya, seperti peradangan, kanker tertentu, dan arthritis. Tetapi jangan khawatir daging Ikan Terubuk ini dapat menjadi solusinya.
5. Ikan Terubuk Kaya Akan Vitamin B12

Kandungan vitamin B 12 juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Vitamin ini sangat berguna untuk membuat tubuh kita lebih berstamina, dan tidak mudah lelah, letih serta lesu dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Dalam satu ekor ikan terubuk bisa memenuhi 45% kebutuhan vitamin B12 kita.
6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ikan terubuk merupakan ikan yang kaya akan omega 3. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan terubuk sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi ini.
7. Kaya Fosfor

Fosfor yang terdapat pada ikan terubuk tergolong tinggi kandungannya. Fosfor bermanfaat dan berkhasiat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal tersebut mampu menunjang kesehatan gusi, tulang dan gigi, serta dapat membantu sistesis DNA.
8. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi tubuh kita dan dapat menyebabkan kematian. Untuk itu cobalah manfaat ikan terubuk yaitu mampu menurunkan tekanan darah, karena di dalam ikan tersebut terdapat asam lemak omega 3 yaitu yang berfungsi mampu membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, terutama dari ekzema dan dermatitis, serta dapat membantu dalam pembentukan otak.
9. Mendorong Pembentukan Tulang dan Gigi Agar Sempurna

Mineral fosfor yang terdapat dalam ikan terubuk merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kekurangan mineral fosfor kita dapat menderita tulang keropos yang pada akhirnya dapat mengalami kelumpuhan jika kekurangan asupan Mineral ini. Mineral fosfor berperan aktif pada pembentukan tulang dan gigi.
10. Kaya Akan Protein

Di dalam ikan terubuk terdapat kandungan protein yang tinggi. Protein tersebut mampu menyuplai kebutuhan protein seseorang yang ingin membangun massa otot di dalam tubuh. Jadi, apabila ingin memiliki tubuh ideal dan padat berotot, maka mengonsumsi ikan ini merupakan salah satu solusi yang tepat.

Komentar